STNK Hilang…?!@ no problems

Ancur dah jika dompet & seisi penghuninya macam STNK, SIM, KTP, ATM, duit raib entah kemana. Entah dicopet, ketinggalan ditempat jauh, hilang.. duuh berabe dah urusannya. Untuk hal yang gampang diurus, model ATM & KTP sih gak terlalu bikin pusing ngurus pebuatann duplikatnya, tapi STNK!? Hancurlah dunia…

Jadi inget waktu gw kehilangan dompet di GOR Bogor, sepulang Berenang. Semua perangkat penting hilang  semua termasuk STNK Motor Shogun 110 kepunyaan Babeh, raib, ohh God. Yaah,, setelah berusaha mencari kesana kemari gak diketemukan, yah sudahlah gw iklaskan saja semuanya kepada-Nya. Akhirnya gw ngambil keputusan untuk membuat ulang kembali semua isi dompet gw yg hilang itu. KTP diurus ke Kelurahan, ATM ke Bank . Dan yang terakhir STNK & SIM menjadi bagian yang tersulit, gw punya sedikit pengalaman mengurus kasus STNK gw ini…

  • Saat dompet anda hilang lapor segera ke kantor polisi terdekat & minta surat keterangan hilang
  • Pasang iklan di media (Koran) yang nantinya menjadi syarat membuat STNK baru (duplikat STNK), waktu itu gw pasang di Radar Bogor, murah koq, cuma Rp.11.000 perbaris. iklan kehilangannya cuma ngabisin tiga baris doang
  • Kumpulin deh semua dokumen motor (BPKB, STNK Lama, kuitansi pembelian motor bermeterai) jika beberapa dokumen yang tidak ada bisa dibuat sendiri seperti kuitansi pembelian motor.
  • Bikin STNK baru kesamsat dimana STNK lo terdaftar, minta formulir duplikat STNK, cek fisik, dan minta surat pengantar ke KAPOLRESTA
  • lalu semua dokumen plus iklan kehilangan di Koran di-Copy dan disatukan, menjadi satu bundle.
  • Segera meluncur ke kapolresta dan masuk ke bagian kehilangan, bilang aja STNK di dompet lo ilang terus pingin bikin baru (duplikat). disana lo bakal di interogasi abis2an ihwal, bagaimana caranya dan kapan dompet lo ilang, tar diketik sama pak petugas
  • tunggu kira2 seminggu setelah acc pak komandan, tu surat bisa diambil. Kadang yang ngetikin suka minta duit, waktu itu gw diminta gocap, gak tau sekarang… ga apa lah, di warnet ajah ngeprin serebu selembar
  • Yaah sambil tunggu tu surat di acc gw disuruh ke bagian lain, disuru bikin surat pernyataan gak pernah ditilang, dan juga surat keterangan tidak terkena kecelakaan diloketnya masing-masing (langsung jadi). Setelah itu serahkan kcepetugas interogasi KAPOLRESTA
  • Setelah seminggu berselang, datangi lagi si petugas interogasi buat ambil surat dari bagian kehilangan dari polres yang sudah di Acc berikut surat2 pernyataan
  • Setelah semua dokumen terkumpul, jangan lupa di fotocopy (di luar aja biar ga mahal) hubungi SAMSAT bagian duplikat STNK, serahkan semua dokumen yang diperlukan, Tunggu kira-kira 2 Jam ampe nama lo dipanggil
  • Bayar deh administrasinya, ga nyampe 100 rebu kok..
  • yaah kalau di itung2 yah duit yang dah gue abisin bwt membuat duplikat STNK ini sampe 250rb, tanpa Calo atau kenalan orang dalem, karena gw bertekad untuk menghapuskan nama calo saat gw berurusan dgn Kepolisian (cheers and peace for Police, moga tulisan gw gak bikin tersinggung mereka2 yang tersinggung, coz saya tidak bermaksud menjelek2an siapapun) murni kebenaran dan untuk koreksi.
  1. Boz mau nanya neh kalau bikin iklan nya harus brp hari?
    thq.

    • 2345678
    • Agustus 29th, 2012

    kantor samsat di bogor dimana brur ? dan kapolresta nya ?

    dan klo ga pasang iklan gpp kali yah /

    • ga bisa bro..
      lo kudu harus ikutin step2nya
      ya kalo ga mau susah ‘nembak’ aja

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

