Mainboard Pentium 4 saat ini ditandai dengan socket processornya, yaitu socket 423 (P4), socket 478 (P4), dan socket LGA775 (P5 – Pentium 5 Transisi). Socket 423 sudah hilang dari pasaran karena harga memorinya (Rambus/RDRAM) sangat mahal, terlebih lagi pemasangannya pun harus sepasang-sepasang. Dominasi saat ini adalah socket 478 dengan varian chipset dan memori DDR kompatibel sebagai berikut:

1. Chipset i845 / i845-PE / VIA P4M266 / VIA Apollo P4×226E / Sis648 / Sis655:
Support FSB 533 / 400; AGP 4X, dual DIMM maksimal support RAM 2 GB. Jika menggunakan processor P4-FSB-400 (1.4 GHz – 2.26 GHz), dan segala tipe Celeron P4 maka cukup gunakan RAm DDR266/PC2100 atau dibawahnya, yaitu DDR200/PC1600. Jika menggunakan processor P4-FSB-533 (2.4 GHZ – 2.8 GHz) maka gunakan RAM DDR333/PC2700. Terkadang mainboard-mainboard i845 oleh vendor2 tertentu diumumkan mampu FSB-800 dan support Hyper-Threading. Hal ini juga benar. Tapi kinerjanya adalah suatu pemaksaan atau overclocking dan tidaklah sangat stabil dibandingkan dengan mainboard FSb-800 aslinya. VGA Card yang digunakan maksimal 4X. Jadi AGP 8X tetap terbaca 4X (4X maksudnya adalah support 4X speed FSB-400).

2. Chipset i865G / i865-PE / i875:
Support FSB-800/533/400, AGP 8X. Mainboard kelas ini adalah high class PC. Sudah support DDr dual channel, support full hyper threading, dan support full AGP 8X, 4X UDMA 100/66. Dikatakan full maksudnya sudah bisa bekerja penuh. Hyper threading maksudnya dapat melakukan 2 tugas atau lebih sekaligus tanpa tunggu lama, yaitu menggunakan teknologi dual atau mirror processor (seakan-akan ada dua processor dalam satu mainboard).

Dual channel maksudnya sudah support teknologi 128 bit demi peningkatan memori bandwidth dari harddisk ke processor. Pada mainboard ini gunakanlah processor ber-FSB-533 HT dengan RAM idealnya DDR333/PC2700. Tetapi jika menggunakan processor ber-FSB-800 (2.8 GHz – 3 GHz) maka RAM ideal yang digunakan adalah DDR400/PC3200/DDR2. Bisa juga kita berhemat, kita gunakan processor ber-FSB-400, antara lain celeron P4, untuk itu gunakan RAM DDR 266/PC2100. Tapi sayang lho mainboardnya!

3. Chipset i848P:
Support FSB 800/533/400. Merupakan jembatan dari chipset sekelas i845 ke i865. Support HT, tapi tidak support dual channel, kapasitas memori hanya dual DIMM (max. 2 GB), AGP 8X, 4X UDMA 100/66. Chipset ini dikatakan juga sebagai chipset 845 yang dioverclock ke chipset i865/FSB-800.

Nah, trus RAM, dulu kita pake SDRAM, sekarang udah jarang walau masih ada. Yang sekarang banayak digunakan adalah DDR1 dan DDR2. Untuk pemilihan DDRRAM kita harus sesuaikan dengan mainboardnya. DDR2 lebih ngebut dari pada DDR1 harganya juga murah banget 512MB ga sampe 200rb. Tapi, motherboard yang support DDR2 lebih mahal. Itulah bisnis, DDR2 murah, mainboardnya mahal euy!!!

Lanjut ke VGA. Nah, jika kita berbicara tentang kualitas gambar monitor, tidak terlepas dari VGA Card, yaitu Video Graphics Array Card. VGA Card adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat oleh pengguna. Sebenarnya komponen ini memiliki nama asli graphic adapter. Namun, karena berkembang standar baku yang dikembangkan oleh IBM, yaitu standar VGA, maka komponen ini lebih dikenal dengan VGA Card. Semakin tinggi kemampuan VGA Card untuk mengolah data digital menjadi visual maka tampilan gambar di monitor akan semakin baik. Apalagi buat yang suka main game 3 dimensi. Keberadaan VGA card ini mendukung kualitas gambar game yang dimainkan. Biasanya VGA udah ada onboard di motherboard, tapi itu ga menunjang buat 9rafis atau main game. Oleh karena itu kita bisa beli VGA Card, ada PCI, AGP, atau PCI-Express.

Bedanya PCI itu 1X, AGP 2X, 4X, dan 8X, klo PCI-Express 16X, bahkan kabar terakhir udah ada yang 32X. Nah, PCI, AGP, atau PCI-Express kita sesuaikan dengan motherboardnya lagi. Merek VGA yang banyak digunakan diantaranya ATI dan NVDIA. Katanya sih PixelView bagus untuk 9ame dibanding ATI, tapi aku sebagai pemakai ATI baik-baik aja kok, 9a ada masalah. He… he…

Trus harddisk. Ada harddisk ATA dan SATA. Lagi-lagi kita harus sesuain sama mainboardnya. Waktu aku mau rakit kata yang jual sih, SATA lebih cepat transfer datanya tapi banyak masalah dari pada ATA. Tapi sampai saat ini, sebagai pemakai SATA, aku belum ada trouble tuh. Mudah-mudahan awet… amin.

Chasing. ya.. terserah kamu deh mau modelnya kaya apa … trus terakhir buat CD/DVD drive, sekedar masukan aja. Lebih baik dibuat 2, satu untuk burn satu lagi untuk baca, biar optiknya lebih awet… oia, jangan lupa power supply ya, tapi biasanya udah ada sama casing kok!!!

Nah, klo semua komponen tadi udah ada, tinggal rakit deh! Paling 15 menit! Eh, jadi inget sesuatu tentang rakit komputer. Di Singapur, saat merayakan hari kemerdekaannya, untuk anak-anak lombanya apa coba? Iya, rakit komputer bro!!! Klo Indonesia, saat lomba 17an, dari dulu balap karung sama makan kerupuk. Semoga jadi
bahan renungan!! Met rakit yah!!! Oia, jangan lupa 9aransi. Perjuangkanlah garansi kamu. Apalagi klo beli barang second!!!’

Iklan