Who is Copywriter

kerjaan gw sehari-hari di kantor yah begini, ngeNet, Input Repository, Desain, perbaruin event calender, macem2 deh.. tapi setelah browsing2 posisi yg sekarang gw jabat ini ternyata macem2 dan asik lho.
Copywriter adalah seseorang yang menulis Copy. Berbeda dari arti yang biasa kita tahu, Copy itu ga selalu berarti menduplikasi sesuatu. Copy dalam bahasa inggris juga berarti juga hal-hal yg ditulis oleh jurnalis, novelis dan para penulis lainnya. Copy juga berati kata-kata yang kita temukan dalam iklan. Secara umum Copy berarti tulisan-tulisan kali yee. Macemnya bisa banyak bisa ada di iklan cetak, dialog di iklan TV, di brosur, leaflet, website, buku, spanduk. Pokoknya banyak. Tapi Copy rasanya lebih deket ke dunia promosi daripada tulisan di koran atau di buku, kayaknya.
Copywriter bisa kerja dimana aja di bidang kerja yang butuh copy. Graphic House misalnya yang nerima bikin Company Profile, atau Brochure atau apa gitu yang butuh copy pasti butuh Copywriter.

Web Design company juga butuh buat ngisi content dari websitenya.

Advertising Agency terutama adalah tempat paling common dimana seorang Copywriter bermukim sih sebenernya. Dalam sebuah Advertising Agency seorang Copywriter adalah bagian dari Divisi Kreatif agency itu dimana biasanya terbagi dari tim-tim lagi, yang mana tim tersebut biasanya terdiri dari seorang Copywriter dan seorang Art Director.
Pada intinya tentu menulis Copy yang dibutuhkan materi yang bakal diproduksi. Tapi agak lain untuk Copywriter yang bekerja di Advertising Agency. Copywriter yang bekerja di Advertising Agency bukan saja sekedar harus bisa menulis Copy, tapi juga perlu bisa melakukan hal-hal yang lain.

Pertama sebagai bagian dari tim kreatif, dia bersama partnernya sang Art Director harus sama-sama bisa MENTERJEMAHKAN brief dari bagian Account / Client Service yang isinya biasanya informasi tentang produk atau jasa yang hendak diiklankan, strategi dan jalan yang hendak ditempuh dan pesan yang hendak disampaikan pada publik. Tentu aja brief yg lengkap mencantumkan segala INFORMASI ttg produk/jasa tersebut, seperti PUBLIK SEPERTI APA yang hendak dicapai, KARAKTER seperti apa yang ingin terlihat dari produk/jasa itu, apa yang dilakukan oleh KOMPETITOR dalam bidang yang sama dan apa yang telah dilakukan juga oleh si produk/jasa itu selama ini dll lagi.

Jadi bersama partnernya, sang Art Director, Copywriter perlu duduk bareng, melakukan brainstorming mengenai apa yang bisa mereka lakukan untuk produk/jasa tadi. Menentukan secara strategis pesan seperti apa yang efektif untuk meraih target publik yang diinginkan, dampak apa yang diinginkan terjadi, menemukan IDE BESAR apa yang hendak dikemukakan dalam iklan tersebut, gimana gayanya, tone and manner-nya sampai akhirnya biasanya terbuatlah beberapa alternatif yang bisa ditunjukkan pada klien.

Klien kemudian memilih dari alternatif tersebut untuk diproduksi lalu sang Copywriter dan Art Director memastikan dengan segala cara agar alternatif yang sudah dipilih itu bisa sampai ke targetnya, apakah itu media cetak, televis, radio hingga media2x below the line seperti billboard, spanduk, poster, dll.

Tentu aja dalam seluruh proses itu ga cuma berdua Copywriter dan Art Director, tapi juga biasanya di supervise oleh tim leadernya yang mungkin seorang Creative Group Head, Associate Creative Director atau Creative Director. Dan jangan lupain juga temen-temen dari Divisi Account Service, biasanya ada Account Executive, Account Manager dan Account Director. Intinya hasil akhir iklan yang muncul adalah hasil kerja tim account itu biasanya.
Bersama partnernya, Art Director, tentu aja nemuin ide iklannya, mau ngomong apa, pesannya ttg apa. Untuk Iklan Cetak biasanya sama2x diskusi nentuin gambarnya seperti apa dan tulisannya apa. Tulisan di iklan cetak ini yang umum ada tulisan besarnya atau Headline dan tulisan lainnya yang biasanya disebut Body Copy. Copywriter lah yang tanggung jawab nulis ini. Untuk iklan TV biasanya diskusi nentuin ceritanya gimana, lalu Copywriter bisa nulis beberapa Storyline dari hasil diskusi itu yang kemudian dijadikan Storyboard untuk dipresentasiin ke klien. Dialog dalam iklan TV ini tanggung jawab si Copywriter juga. Trus untuk hal-hal lain seperti tagline atau semboyan dari produk/jasa itu juga Copywriter yang harusnya lebih banyak berperan walau tidak menutup kemungkinan siapa saja bisa menyumbang ide. Kalau agency-nya dilibatkan dari awal, seringkali Copywriter juga dituntut memberikan nama buat produk/jasanya yang pas dengan target yang dituju dan karakter yang diinginkan. Untuk Iklan Radio udah jelas skripnya Copywriter juga yang buat dan biasanya sekalian supervise juga produksinya yang berarti juga memilih pengisi suara (voice talent) yang cocok dengan skripnya.

Untuk iklan TV bersama Art Director dan seluruh team biasanya terlibat pada setiap proses, dari pemilihan rumah produksi, sutradara, model/talent iklannya, wardrobe, sampe shootingnya biasanya ikut supervise juga, dan proses pasca produksinya juga. Editing, offline dan online. Untuk Copywriter entah kenapa seringkali ditanggungjawabi juga untuk masalah musik dari iklan TV itu kalo pake. Atau untuk buat jingle juga masih dalam lingkup tanggungjawabnya. Untuk beberapa kasus bahkan buat syair lagunya juga sekalian.
Siapa aja dengan jiwa sedikit ngaco🙂, punya wawasan luas, kreatif buat making up ide-ide baru dan bisa nulis kayaknya sih bisa. Apalagi kalo suka baca, suka musik dan suka film karena hal-hal tersebut suka nyambung satu sama lain. Kalo kamu suka merhatiin iklan tentu aja ngebantu banget. Dan, gue sih curiganya, walo gue ga pasti🙂 kamu juga harus punya selera yang bagus🙂. Dan yang udah pasti lagi kamu harus bisa kerja sama dengan anggota tim kamu dan bisa berkomunikasi lancar, gimanapun juga kalo kamu jadi seorang Copywriter kamu kan berarti berada di industri komunikasi.
Kalo ada temen kamu yang kayaknya suka sama kalimat-kalimat kamu udah ada tanda2x tuh berarti!🙂 Berarti minimal kamu bisa menkomposisikan rangkaian kata yang menggerakkan orang yang bacanya. Oya, akan sangat ngebantu banget lagi kalo kamu suka kata-kata tentunya
Apa yang dibutuhkan buat jadi Copywriter?

Kayaknya sih seorang Copywriter butuh a little bit of everything. Kamu perlu ngerti dasar-dasar pemasaran, strategic thinking juga, kamu mungkin punya jiwa seniman juga sedikit tapi kamu perlu bisa berpikir secara terstruktur juga buat melalui proses pencarian ide, nentuin konsep. Kamu juga perlu percaya diri banyak2x hehehe.. buat ngomongin ide kamu tanpa takut disebut garing misalnya, buat ngomong jelek kalo emang jelek dan bagus kalo emang bagus, buat ngomong suka kalo emang suka dan ngomong yacopywriter enak juga lumayaannn lah kalo emang ga suka.🙂 Kamu juga butuh kemampuan bahasa asing juga. Intinya yang udah pasti kamu perlu kreatif, kamu perlu bisa nulis, kamu ga keberatan kerja jadi ujung tombak kapitalisme😉 dan kamu juga berani bikin sesuatu yang baru. Ini semua kayaknya kali yeeeee…😀.. Keren nian pekerjaan kayak gituh

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: