LEPTOOP, NOTEBOOK, NETBOOK BUYING BULLYING

Hal ini bisa terjadi pada siapa aja dan dimana aja. saat kita sedang melakukan pencarian sebuah barang elektronik. gw cukup trauma berat setelah laptop yang gue dapati ternyata ga sesuai dengan apa yang gue harap, padahal bwt ngebiayain n ngedapetin duitnya setengah mati ampe bokis sama ortu. yah, bisa dibilang kualat kaliyah..

berharap punya laptop yang murah dengan spec ‘WOW’ gue pilih produk produsen pemain baru dengan tawaran menggiurkan. bayangin ajah, Core2 Duo 2Ghz, HDD 250Gb, RAM 1 Gb, Kutmplit fasiliasnya, walaupun ukurannya 14 inch’ laptop ini di bungkus dengan harga 4,6 jutaan doang, biarpun merknya A***n, tapi harga segitu bikin gue ngiler.. yah, karena duit buat leptop gw budgetin 5,4 jt biar sisanya banyak.
tapi memang ternyata, jauh panggang dari api (gak mateng-mateng doonk) dengan niat ingin menaikkan kinerjanya, RAM gw upgrade jadi 2G, namun waktu dicopot penutup casingnya, ternyata eh ternyata, slot RAM-nya cuma 1. jadi ga bisa diupgrade dengan RAM 1G, tapi 2G dengan RAM lama yang dicopot. dengan nego yang alot, yah ram lama gw diganti dengan 2G RAM baru seharga 130Rb, dari situ gw cukup nyesel ama pilihan gw.
gw harus tunggu 40 menit-an buat install windows dan aplikasinya yang bajakan. dirumah, gw coba cek pake CPU-Z, gak taunya chipset-nya yang ada di laptop namanya SIS, bukannya Intel, padahal kata yang jual dan dibrosurnya Intel 45. halah, kecewa lagi gueh. gw pikir mungkin ini adalah azab dan teguran membohongi ortu..
so kesimpulan dan hikmah,dan tips yang bisa gw share adalah:

1. dapatkanlah hartamu dengan cara yang baik dan benar jangan tipu menipu dan sombong
2. inget Allah bila ingin memutuskan buat lo, jangan lupa istikhoroh
3. jangan pernah membohongi orang tua sendiri

technical tips:
1. teliti sebelum membeli, setelah memutukan laptop jenis apa yang lo beli, pastikan sudah lihat spec lengkapnya di website produsen asing2 merk laptop dengan harware specification sedetail-detailnya
2. jangan tertipu dengan tulisan-tulisan yang tertera pada brosur toko
3. jangan membeli kucing dalam karung, lihat dan trial laptop tipe yang anda ingin beli dengan program2 yang akan anda gunakan jangan lupa cek ‘DXDIAG’ dan windows hardware propertiesnya(lihat sample laptop)
4. pertimbangkan efisiensi dan ukuran. Bayangkan jika anda ingin membeli laptop 12 inch seharga 7jt tetapi memiliki daya tahan batre dan hardware spec yang sama dengan yang 14 inch, dengan harga yang lebih murah (membeli ukuran)
5. pastikan lo bisa mengupgrade dikemudian hari. lihat dalaman laptop yang ingin lo beli, terutama slot memory dan kondisi prosesornya, bilang aja ama yg jual “takut dapet yg rekondisi”
6. lihat kelengkapan garansi, cocokan kodenya (kartu garansi) dengan laptop yang anda beli
7. sering banget produsen mengurangi spec demi efisiensi biaya produksi, lihat kelengkapan port2 yang dimiliki laptop lo, LPT, COM, PS2, VGA, USB dan lainnya apakan akan diperlukan atau tidak
8. batre perangkat mobile memiliki ketahanan yang berbeda-beda, tergantung besar perangkat dan kelengkapan fasilitas yang dimiliki (CD/DVD-ROM, prosesor, ukuran LCD, wireless) hingga daya batre cepat habis dan harus bawa2 charger kemana2.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
