Membuat Kuis Menggunakan Wondershare Quizmaker

Dunia komputer, gak ada matinya mengeluarkan terobosan-terobosan terbaru melayani keinginan manusia yang lebih besar dari kebutuhannya. Memang para developer software sekarang ini sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan Go-green computing. terbukti, wondershare quiz maker dapat membantu kita membuat pertanyaan tanpa menggunakan kertas sama sekali. hal ini berguna sekali bagi guru di sekolah-sekolah yang memiliki lab komputer untuk memberikan pengajaran kepada anak didiknya.

Menurut saya on line assessment bisa diterapkan dengan software ini, terutama untuk murid sd kelas 5, hingga mahasiswa di bangku kuliah. pihak sekolah cukup menyediakan waktu penggunaan lab komputer untuk assessment, dan guru penguji cukup membuat soalnya dalam lembaran digital, lalu meng-copy-nya pada kuiz yang dimaksud. berikut cuplikan<kayak sinetron ajah> yang dapat saya sampaikan untuk membuat kuis dan on line assessment :

Menginstal Quiz Creator

  • Jalankan File setup.

  • Klik Next

  • Centang pada I Accept… kemudian klik Next
  • Jika anda ingin menginstal program pada directory yang lain klik browse, atau ikuti pengaturan standarnya, lalu klik Next
  • klik Next untuk langkah selanjutnya
  • Klik Install
  • tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Klik Next
  • Klik Finish

Menjalankan Wondershare Quiz Creator

Jalankan Wondershare Quiz Creator

Beberapa langkah membuat quiz latihan soal dengan wondershare quiz creator adalah sebagai berikut

  1. Create Quiz, untuk merubah setingan bagaimana quiz berjalan
  2. Edit Question, Menambahakan Pertanyaan
  3. Publish, mempublish quiz menjadi format yang bisa di jalankan oleh aplikasi yang lain

Untuk Memulai Klik pada Create a new Quiz

Langkah 1: Pengaturan Quiz Properties

Pada langkah awal ini anda dapat mengatur beberapa property dari quiz yang akan anda buat. Pengaturan pada quiz properties terbagi menjadi

  1. Quiz Information
  2. Quiz Setting
  3. Question Setting
  4. Quiz Result
  5. Acces Control

1. Quiz Information

Quiz info untuk menampilkan informasi yang berkaitan dengan quiz yang anda buat. Anda bisa merubah title menambahkan intruksi, memberikan gambar. Untuk menambahkan gambar klik pada tombol Browse kemudian pilih gambar.

Masukan info dari test yang akan anda buat. Author atau Pembuat quiz bisa memasukan data diri sebagai copyright dengan mengklik pada Edit Information.

Masukan informasi pembuat quiz kemudian klik OK.

Data pengguna quiz bisa di kumpulkan dengan mencentang pada collect data from participants quiz. Kemudian untuk merubah form pertanyaan klik pada Data Collection.

  • Donnot ask artinya tidak perlu ditanyakan
  • Optional, Boleh di isi boleh tidak
  • Required artinya harus di isi


2. Quiz Setting

Di question setting ini anda bisa merubah pengaturan standar kuis yang akan anda buat :

Quiz Result Type, di pengaturan ini anda harus memasukan batas nilai untuk dinyatakan lulus. Jika dimasukan 70% artinya pengguna di nyatakan lulus jika berhasil menjawab benar 80% dari keseluruhan soal. Sedangkan jika anda memilih grade level maka setiap hasil jawaban pengguna akan di beri skor sendiri, untuk setting lebih lanjut di menu Result Setting.

Time Limit, lamanya quiz dapat dibatasi sesuai keinginan anda. Jika tidak di centang maka quiz akan running terus sampai pengguna menekan tombol submit, jika dicentang pada Enable Time Limit kemudian klik tombol option anda masukan nilainya (dalam menit dan detik) maka quiz akan otomatis selesai dalam waktu yang sudah anda tentukan. Atau dapat juga di atur pada limit personal sehingga setiap soal akan memiliki limit waktu yang berbeda.

Pilih limit secara global atau per soal.


Randomization, digunakan untuk mengatur tampilnya soal secara terurut atau acak. Centang pada randomize untuk membuat pertanyaan dan jawaban di acak bersamaan.

Answer Submision, ada dua pilihan untuk mensubmit jawaban, jika anda pilih Submit one question a time artinya setiap satu pertanyaan pengguna harus mengklik tombol submit untuk melanjutkan ke soal selanjutnya. Jika Submit all at once artinya semua soal di jawab dulu baru mengklik tombol submit untuk di setingan ini untuk mengatur tampil atau tidaknya tombol finis setelah quiz selesai.

Centang Show Correct Answer after Submision untuk menampilkan jawaban yang betul.


3. Question Setting

Menu ini berguna untuk mengatur point tiap jawaban benar dan untuk mengatur tingkat kesulitan dari quiz secara keseluruhan. Shuffle question di centang jika ingin membuat pertanyaan di tampilkan secara acak Shuffle Answers di centang jika ingin pilihan jawaban juga di acak

Font Properties

Font Properties digunakan untuk merubah setingan dari font di question dan di answer baik jenis font, tebal, dan sebagainya.

Feedback

Feedback properties untuk jawaban benar atau salah, ganti feedback properties dengan kalimat yang lebih enak buat siswa misalnya jika jawaban benar diganti dari correct menjadi ” jawaban benar”.


4. Question Result

Di Question Result anda dapat memberikan pesan apa yang tampil jika pengguna berhasil atau tidak dalam menyelesaikan latihan.

Ganti kalimat standart dengan kalimat yang anda kehendaki

Jika anda ingin hasil dari tes yang dilakukan oleh siswa langsung tersimpan di database atau terkirim ke website masukan saja alamat email dan website pada kolom yang diminta. Untuk Pengaturan yang sisanya hanya berguna jika anda menggunakan versi yang resmi (bayar) akan anda bahas lain kali.


Langkah 2: Membuat quiz/Pertanyaan

Di wondershare quiz creator ini disediakan berbgai macam jenis model pertanyaan. Tidak semua jenis pertanyaan anda gunakan, sesuaikan dengan materi pelajaran.

  • True / False, Untuk membuat pertanyaan dengan mode menjawab benar atau salah
  • Multiple Choice, Untuk membuat pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda single (jawaban benar hanya satu)
  • Multiple Response, Untuk membuat pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda multiple answers (jawaban benar lebih dari satu)
  • Fill In The Blank, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab mengisi area yang kosong. Dengan alternative jawaban yang sudah di set.
  • Macthing, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab memasangkan dua kata/kalimat kiri dan kanan.
  • Sequence, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab mengurutkan jawaban dari atas kebawah
  • Word Bank, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab memasangkan kata-kata yang ada dengan kalimat pernyataan.
  • Clik Map, Untuk membuat pertanyaan dengan bentuk pertanyaan berupa gambar dan menjawabnya dengan cara mengklik pada area tertentu pada gambar sesuai dengan pertanyaannya.
  • Short Essay, membuat pertanyaan isian yang simple

Beberapa mata pelajaran cocok dengan jenis pertanyaann tertentu misalnya untuk soal bahasa inggris mungkin lebih tepat menggunakan model matching, sequence, word bank walaupun tidak menuntup kemungkinan juga menggunkan jenis yang lain.


True / False

Untuk membuat pertanyaan, klik pada tombol True / False.

anda hanya perlu memasukan pernyataan kemudian tentukan jawaban pernyataan ini betul atau salah dengan cara mencentangnya pada pilihan yang ada. Klik OK untuk selesai atau preview untuk melihat hasilnya.

Tampilan menu yang semakin user friendly memudahkan anda menambahkan gambar, sound dan video. selain itu terdapat fasilitas Equation Editor untuk membuat rumus-rumus matematis .


Multiple Choice

Untuk membuat pertanyaan pilihan berganda, klik pada tombol Multiple Choice.

masukan pertanyaan, kemudian berilah beberapa pilihan jawaban pertanyaannya, lalu tentukan jawaban yang benar dengan cara menandainya pada kolom correct. Klik OK untuk selesai atau preview untuk melihat hasilnya.


Fill in the Blank

Untuk membuat pertanyaan isilah titik-titik, klik pada tombol fill in the blank.

Masukan pertanyaan, kemudian berikan beberapa pilihan jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut dengan mengetikannya pada kolom acceptable answer. Klik OK untuk selesai atau preview untuk melihat hasilnya.

Untuk membuat jenis soal yang lainnya kurang lebih sama. Anda cukup memasukan pertanyaan, jawaban kemudian tandai jawaban yang benar. Untuk beberapa type soal masukan instruksi dengan benar.

Merubah Player Template

Player template bisa anda rubah sesuai dengan keinginan. Klik pada player template

Kemudian pilih template yang ada. Setelah itu klik pada tombol save.


Langkah 3: Publish

Langkah selanjutnya yang anda lanjutkan adalah mem publish soal test yang sudah dibuat. Klik pada menu publish, kemudian pilih type file yang diinginkan.

Terdapat 4 jenis publish type yang dapat kita gunakan yaitu :

Web          : Pilihan ini yang umum digunakan untuk mengakses

kuis menggunakan browser web. dengan mempublish ke web, nilai kuis peserta dapat dikirimkan via e-mail dan peserta dapat mengerjakan kuis secara on-line

LMS          : Anda  dapat  menggunakan  Learning  Management

System sendiri yang menggunakan SCORM atau AICC untuk mengaplikasikan kuis kedalam sistem LMS anda

CD/EXE      : Import kuis yang anda buat menjadi exe, agar dapat

dijalankan tanpa menggunakan program lain. Fasilitas ini membuat kuis dapat dijadikan autorun CD

Word/exel  : anda  yang mengandalkan microsoft office sebagai

pengelola data sehari-hari dapat menggunakan pilihan ini agar kuis yang dibuat dapat dibuka di word ataupun exel

sebagai contoh gunakan publish as web. Klik pada tombol web

Jika anda ingin mengaplikasi kan file kuis untuk power point simpan kuis pada folder yang sama dengan file powerpoint yang akan menggunakan evaluasi ini. Setelah semua siap klik publish

Jangan lupa untuk mencentang opsi ‘send result to the specified e-mail address’ lalu isikan e-mail pemeriksa kuis yang dikerjakan peserta. Centang juga opsi ‘send e-mail to quiz taker’s…’ untuk mengirimkan hasil kuis ke peserta

Setelah Proses berjalan selesai klik finish

Untuk melihat hasilnya klik View the Quiz, atau untuk membuka folder tempat quiz di simpan klik Open the Folder.

  1. setelah saya menjalan wondershare ternyata player template tidakmuncul gimana cara mengatasinya ?

    • ini memang keterbatasan versi crack-nya wondershare pak😀 jika kita pakai quiz maker yang versi ‘jangkrik’
      tapi biasanya dengan update flash player atau install ulang dengan versi diatasnya masalah ini bisa diatasi

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: