Perintah Allah yang diwajibkan sejak Nabi Muhammad ber Isra-mi’raj ini adalah perintah yang paling utama dalam amalan agama kita. yupps.., buat gw sholat adalah pe-Refresh diri dari semua kegiatan duniawi yang sering bikin mumet kepala. dengan sholat, kita bisa melepaskan penat dan pikiran-pikiran buruk yang negatif.

Saat sholat kita membaca Al-Fathihah disetiap roka’atnya, yang bila kita cermati makna-nya, terdapat petunjuk untuk menjalani kegiatan sehari-hari dengan tenang dan tawakal.

Sholat, terutama sholat wajib seolah sudah di setting pada jam dan waktu yang sesuai dengan yang kita butuhkan buat istirahat, dan bersiap-siap menjalani hari. buktinya… Shubuh di laksanakan pada sekitar jam 4-5 pagi, gw rasa dengan azan shubuh para pekerja yang bekerja diluar kota <contohnya “anak gerbong”> bisa bangun, ‘nyarap’ dan bersiap berangkat. Dzhuhur di laksanakan sekitar jam 12-1 siang, bertepatan dengan jam makan siang (saatnya perut di isi).  Ashar di kerjakan pada waktu sore hari sekitar jam 3-4 sore, berbarengan dengan jam pulang kerja (waktu kerja 8 jam). Maghrib 6-6.30 waktunya pekerja tiba dirumah melepas lelah. I’sya ini waktu yang paling lapang mangkanya bisa digandeng dengan sholat sunah malam (Tahajjud)

Begitu Maha Tahu-nya Allah seolah telah mengatur kita untuk hidup seimbang dengan jam sholatnya <ga kerja melulu>. selain itu Ia juga Maha Penyayang dan Pengasih.., gimana ngak.. dalam perintah Sholat yang sering kita sepelekan ini terkandung manfaat buat diri kita, yang ga kita sadari lho..

Merefresh Otak

Seperti yang udah gw sebutin diatas bahwa sholat, membuat kita bisa melepas sementara, pekerjaan yang membuat kita mumet. Kenapa..?, karena otak kita ini memiliki batas kerja, <salah dikit bisa hang, bang>. dengan dikerjakannya sholat, kita bisa melepas pekerjaan sejenak dan mendapatkan inspirasi <😀 hehehe… kayak seniman ajah>

– Menghindari penyakit punggung, pinggang dan persendian

Beneran lho.. ga usah deh tiap minggu dateng ke tukang urut, gw ngerasain itu. Apalagi yang kerjanya saban hari duduk didepan layar, atau tunggu parkiran, atau nyetir mobil. bagaimana ini bisa terjadi…
Sujud adalah kegiatan membungkukan/menelungkupkan badan, sejajar dengan tanah. seperti saat bayi didalam kandungan, 9 bulan dalam keadaan terbalik, sambil merapatkan kaki dan tangan kearah perut <praktekin aja deh>, ga pegel-pegel khan yah, si bayi.
Selain itu menurut sumber http://linusbw.tripod.com/tulang.htm didalam tulang belakang terdapat banyak titik letak bagian organ dalam yang berhubungan dengan tulang belakang.
jadi saat sujud merupakan saat tulang punggung merelaksasikan sendi-sendi supaya ga pegel-pegel.

udah ah kepanjangan, nanti sambung lagi di manfaat sholat part 2 gw mau gawe dulu..

Iklan