Gerakan 3R segera dicanangkan akhir tahun ini dikota Bogor_part1

ssst… gw dapet bocoran dari kepala bidang kebersihan kota bogor niyh… kalo rencananya tahun ini kota kita ini akan menggalakkan program 3R sampe tingkat RW.
kalo loe semua surfers2 yang go green, n mencintai kebersihan, pasti ngerti yang namanya 3R<rasakan… rasakan.. rasakan. :D! bukan yah>. yang jelas pengertian 3R sendiri adalah sebuah akronim dari bahasa asing yaitu Reduse atau mengurangi, Reuse atau menggunakan kembali and Recycle atau mendaur ulang.

cuma bisa buang, jadul loh!

nah dari sekarang paradigma pemahaman kita yang jadul dulu, yang sukanya blas, bles, blus main buang ke tong atau bak, kita ganti dengan yang lebih baik. yaitu dengan ikut terlibat akan apa yang kita buang, ga terus-terusan ngandelin mang Uus buang angkutin sampah dengan alasan saya sudah membayarnya. Itu ga’ go green namanya. berapa sih bayaran yang sesuai dengan apa yang kita buang ke atas bumi-Nya Allah?

Ikut terlibat dengan pengelolaan sampah bukanlah hal yang menjijikan. contoh karang taruna di desa Mulyaharja Kec.Bogor Selatan, mereka asik-asik aja tuh bikin kompos dari sisa bahan makanan. atau kalo takut kotor, kita bisa membantu menagih iuran bulanannya. pokoke loe lakuin appa bae lha buat ngejaga lingkungan <gaya warteg boys>..

pengelolaan sampah sejak dari sumbernya ini siy kudunya, menurut pemerintah, dinas terkait, ahli sosiologi dan ahli lingkungan harus udah dimulai dari masing-masing rumah yang membuat sampah itu ada.

Ngerti’ aja udah cukup

Kita harus ngerti yang mana sampah yang bisa membusuk <iiieek bau..>, mana sampah yang bisa dibakar <nyang ini bisa di kilo biar jadi duit>. pisahin aja wadahnya biar ga kecampur <plastiknya dua warna cuy..> dengan hal simple ini kalau diruntut bisa ber efek GUEDE buanget..

plastik dengan sampah yang bau, bisa loe lempar ke bak sampah atau gerobak warna Kuning. plastik dengan sampah kering, bisa loe kumpulin ampe 1Kg (1Kg=Rp.500) atau loe buang ke bak sampah atau gerobak warna biru biar gampang misahinnya.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: