Kejadian-kejadian di abad ke-6 sebelum dan sesudah kelahiran Nabi Muhammad SAW

Terjemahan ini mungkin masih amburadul, maklum belom sempet ngedit. tapi mengingat malam ini adalah malam dimana umat Muhammad mengumandangkan takbir tanda saudaranya di tanah suci telah memasuki arafah, gw jadi terpicu buat segera mem-posting tulisan ini.

Minggu lalu gw baru kepikiran, untuk ingin tau lebih jauh, siapa saja tokoh dan kejadian apa mempunyai tahun2 yang sama saat nabi Muhammad SAW lahir dan tumbuh dewasa. perlu temen-temen ketahui bahwa menurut wikipedia nabi Muhammad SAW, dilahirkan tanggal 20 April 570/ 571 masehi <boleh percaya boleh ga>, iseng2 browsing di wikipedia, eh dapet artikel yang cocok. niiy reviewnyah…

Setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat di akhir abad ke 5, Eropa terpecah menjadi banyak kerajaan-kerajaan Jerman yang kecil, yang saling memperebutkan tanah dan kekayaan. Dari pergolakan ini, kaum Frank bangkit dan mengukir sebuah konfederasi suku pertama yang cukup besar meliputi Prancis dan Jerman modern saat ini.

Sementara itu, Kekaisaran Romawi Timur mulai berkembang di bawah pemerintahan Kaisar Justinian, yang merebut kembali Afrika Utara dari Vandal, ia berusaha untuk memulihkan sepenuhnya Italia dengan harapan kembali menegakkan kekuasaan diatas tanah Roma yang saat itu dikuasai oleh kekaisaran Romawi Barat.

Usia Emas yang kedua kalinya, membawa Kekaisaran Sassanid (sebelum Persia) mencapai puncak kekuasaan di bawah pemerintahan Khosrau I di abad ke-6, kekaisaran ini lah yang selalu berperang dengan kekaisaran Roma.

Dilain tempat Para Kekaisaran Gupta dari India Utara, sebagian besar telah dikuasai oleh suku Huna, kekasisaran tersebut berakhir pada pertengahan abad ke-6. Di Jepang, pada periode Kofun memberi jalan kepada periode Asuka. Setelah terpisah lebih dari 150 tahun dari Dinasti Selatan dan Utara, Cina besatu kembali di bawah Dinasti Sui menjelang akhir abad ke-6. Para Tiga Kerajaan Korea berlangsung sepanjang abad ke-6. Para Göktürks menjadi kekuatan besar di Asia Tengah setelah mengalahkan Rouran .

Di Amerika, Teotihuacan mulai menurun pada abad ke-6 setelah mencapai puncaknya antara tahun 150 dan 450. Periode klasik peradaban Maya di Amerika Tengah.

  1. makasih info2 sejarah ini, tapi sebenarnya masih jauh dari kata lengkap tentang jaman dimana semasa Nabi Muhammad SAW hidup. siapa saja pemimpin sebuah bangsa/kerajaan dibelahan bumi yg lain. dan sinkronisasi antara kebudayaan, hukum, sastra & ilmu pengetahuan .
    biar generasi muda bisa memahami akan makna sejarah munculnya Islam dan peradaban dunia pada masanya.
    khususnya indonesia [kerajaan mana], syukur yg di china, eropa, afrika dan amerika [penduduk asli]
    sebab selama ini ngomongin Islam hanya sebatas agama saja. padahal Islam adalah Rahmatan Lil’Alamin. jangan pisahkan Islam dan Peradaban dunia. silahkan saja siapa yg membaca artikel ini agar melengkapi apa yg yg dimaksud penulis dan saya / anda tentunya, karena pemahaman selama ini bahwa munculnya Islam, bangsa Indonesia masih telanjang katanya..
    dan satu lagi : tuntulah ilmu sampai negri China.. berarti China adalah peradaban termaju pada saat itu. why ???

  2. @mas agung trims komentarnya yaah..
    betuul buanget tulisan ini masih jauh dari lengkap, karena saya cuma mencoba mentranlate dari wikipedia saja dengan kemampuan bahasa sebisanya..
    saya cuma bisa berencana membuat ulasan untuk masing2 negara di zaman rasulullah, dan masi menunggu ‘wangsit’ dan data2 yang valid untuk dipublikasikan
    ngomong2 soal hadist menuntut ilmu itu.. setelah saya cek, itu manhaj nya masi ragu2 yaah.. ada info yang lebih baex ga soal hadist ini…???

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: