“musuhku adalah waktu, yang tidak mengizinkanku untuk terlarut dalam kemalasan dan kesia-siaan”

itu status gue di facebook kemarin, terilham saat gue lagi bertarung dengan padatnya kendaraan di daerah jakarta selatan, tepatnya di jalan TB Simatupang. sebetulnya hal ini memang sudah gue praktekin sedari gue membawa kendaraan hitam bergigi empat ini dengan roda-roda nya yang berlapis karet tipis. motor yang saban hari gue pacu secepatnya itu sebenernya bisa menjadi jagoan balapan liar, karena respon mesinnya yang gagah saat digeber picu gas nya, meskipun sudah berumur cukup udzur.

kendaraan ini sudah menemani perjuangan hidup gue selama ini. kurang lebih sudah tiga tahun lamanya, motor pemberian ibu ini melesat diatas aspal, trotoar, jalan berbatu, maupun tanah becek. sejatinya motor ini berusia 6 tahun, kalau dilihat dari tahun beli nya. motor ini menjadi kaki gue yang selalu melancong kemana-mana setiap harinya. stiker yang tertempel dibadannya sedari dulu terdiri dari 4 huruf konsonan dan 2 huruf vocal yang artinya penguasa jepang. dan memang berada diatasnya membuat gue merasa menguasai jalanan.

ga pernah mau gue kasi jalan orang-orang yang berjalan lambat ditengah jalan raya, motor lainnya yang menghambat itu gue kepot se kepot-kepotnya, sampe godeg-godeg stang nya ke arah kanan dan kiri. memang ini menjadi berbahaya, sebab gara-kejadian kepot2an ini seseorang menjadi korban gue sampai tangannya patah seperti yg gue kisahkan di tulisan urut patah tulang 2. itu lah pelajaran terbesar buat gue kalo dijalan raya itu kita ga bisa maen-maen. dijalanan banyak mobil-mobil besar berlalu lalang, kendaraan yang bergerak cepat, jalanan yang licin atau kadang berlubang.

kalau kita salah melangkah, tidak fokus alias meleng bin lengah, atau pun apes, kita bisa jadi korban di jalan raya. berikut beberapa tips yang bisa lo terapin waktu lo memacu motor lo dijalan raya. pokoknya jangan ampe ketemu gue waktu lagi mengendarai motor sambil menelpon atau sms an, gue kepot juga looh!!!

Tips Cara Aman Mengendarai Kendaraan di Jalan Raya

Nomor satu yang jarang dipunyai orang supaya aman berkendara adalah KESABARAN, sisanya hanya printilan yang bisa dikondisikan. tapi sebelum berkendara, pastikan perasaan sabar itu ada dihatimu,, ciaah walaupun terburu-buru mengejar waktu.

1. Di lampu lalu lintas.

saat lampu merah, kendaraan lo tuh harus berenti, saat lampu kuning, bersiap-siap, jangan sampe mesin lo mati saat lampu ini menyala. saat lampu hijau, bergegas berjalan dengan hati-hati. jangan langsung menggeber motor dengan kecepatan tinggi, tunggu kira-kira 2 detik sampai lo memandang lurus fokus kedepan, liat juga kekanan dan kekiri sebelumnya kalo lo mau berbelok.

2. Di dekat mobil.

Hati hati kalo lo melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tersebut berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas di dekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tersebut sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita. posisi nya disisi kanan atau kiri mobil, supaya kita bisa mengambil tindakan ketika mobil berhenti mendadak

3. Melintas dekat mobil yang berhenti.

Saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada di depan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tersebut berhenti. Jadi pastikan untuk mengurangi kecepatan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

4. Saat berkendara di samping mobil sebelah sisi dalam tikungan.

Ketika mobil berbelok di tikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat ke sisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada disi dalam tikungan saat mobil menikung. makanya, saat mobil menikung pastikan lo ada di sisi luar mobil supaya bisa menysusul mobil, atau berjalan dibelakang mobil dengan tetap tenang.

5. Mendahului mobil yang tidak aman.

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas di depan, sangat berbahaya, contohnya:

  •     Saat berada di tikungan
  •     Saat di puncak tanjakan
  •     Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
  •     Dekat persimpangan jalan
  •     Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain

6. Melintas diantara mobil dalam antrean.

Saat melintas diantara mobil dalam antrian, bunyikan klakson bila siang hari dan nyalakan lampu jauh bila malam hari sesering mungkin, tapi jangan lebay. untuk memberikan perhatian dan jangkauan penglihatan kaca spion bagi kedua jalur mobil yang kita lintasi sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita

Fungsi lampu sen adalah untuk memberikan tanda ketika lo berbelok, atau mengambil jalur  kearah tertentu. aktifkan selalu, supaya lo bisa mengingatkan orang dibelakang lo kalau lo mau jalan didepannya. nyalakan klakson untuk menegur atau mengingatkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan berhati-hatilah saat lo mengendarai kendaraan di jalan raya!

Iklan