wkwkwkwk

Gue ketawa nge-liatin halaman dari bbc ini. Ihwalnya, selagi gue bikin tulisan I love Indonesia gue coba search keyword keluarga Indonesia di google gambar, dan hasilnya gue buka halaman bbc photo journal ini untuk referensi. Sang fotografer adalah Kemal Jufri danyang membuat narasinya adalah Lucy Williamson. Di jurnal foto ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari keluarga Indonesia kelas menengah kebawah berjudul keluarga Indonesia. Jurnal foto ini memang mencerminkan kehidupan wong cilik dengan sifat-sifat alaminya.

Dengan kemampuan bahasa inggris yang seadanya, gue mencoba mendeskripsikan apa yang ditulis oleh mbak lucy ini. :D.  sekalian latihan English writing yeuh,

Sebuah lingkungan keluarga

 Image

Berikut adalah satu dari enam foto jurnal yang menjadi bagian dari program mingguan BBC, yaitu keluarga masadepan, mendalami perubahan alami dari kehidupan sebuah keluarga yang menceritakan tentang Bani dan Inah yang hidup didalam kehidupan kumuh ibu kota di wilayah warung buncit daerah Jakarta selatan.

Mereka memiliki tiga anak laki-laki, yaitu sofyan 14 tahun, randika 10 tahun dan Raditya dua tahun.

Bani bekerja sebagai supir dan inah adalah seorang ibu rumah tangga. Mereka pindah kerumah ini sejak setahun yang lalu hingga sekarang. Satu hal yang dikatakan bani, ia hanya mempunyai waktu bersama keluarga pada hari minggu

Waktunya makan

ImageKeluarga ini menyantap makan siang bersama-sama setiap hari, tapi bani bekerja hingga larut dan yang lainnya sudah makan malam sebelum ia pulang kerumah. Inah bilang saat berkumpul bersama keluarga dan kerabat adalah bagian yang paling penting dalam kehidupannya

Keluarga besar biasanya berkumpul bersama sekali sebulan

Pendidikan yang mahal

ImageBani harus bekerja ekstra karena ia bilang semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“segala sesuatunya sangat sulit sekarang ini karena biaya pendidikan anak-anak yang mahal” ujar bani.

“saya sangat berharap mereka dapat diberikan beasiswa. Saya ingin mereka bersekolah hingga perguruan tinggi, dan dengan begitu mereka dapat meningkatkan kualitas hidup orang tuannya”

Secara teoritis, pendidikan itu gratis. Tapi dalam praktiknya, orang tua harus menunjang juga penghasilan guru

Prioritas utama

ImageAgama adalah hal yang paling penting didalam keluarga. Bani bilang ia mau sholat berjamaah paling tidak pada pagi dan sore hari. Inah bilang agama haruslah menjadi prioritas utama bagi keluarganya

“Saya ingin anak-anak sholat lima waktu dalam sehari, tapi cukup sulit karena mereka tidak selalu mau melakukannya”. Katanya

Sofyan bilang agama adalah pokok hidupnya. “saya pikir agama menjadi pelindung bagi saya didalam hidup ini, sudah menjadi kewajiban dan kamu harus melaksanakannya, dan kita tidak bisa setengah-setengah menjalankannya ” katanya

Waktu senggang

ImageKeluarga ini suka menghabiskan waktu bersama pada malam hari setelah Bani pulang kerumah

Seringkali mereka menonton televise bersama, sebelum atau sesudah sholat

Bani hanya dapat melihat anak-anaknya pada pagi hari dan malam hari. Namun terkadang ia hanya dapat menemui anak-anak setelah mereka tertidur

Menghindari tanggung jawab

ImageTidak ada satupun anak laki-laki membantu pekerjaan rumah, kecuali ketika mereka ingin. Tapi itu bukanlah masalah besar, kata inah, karena mereka adalah anak-anak laki-laki

“Saya terbiasa bedisiplin ketika saya masih anak-anak. Dan jika saya tidak melakukan apa yang di perintahkan, saya akan mendapatkan hukuman”. Katanya

Keluarga mematuhi tanpa banyak bertanya, karena Bani adalah kepala keluarga

Anak-anak menghormatinya sebagai teladan yang baik

Bersenang-senang

ImageMenjadi muslim yang baik tidak menghambat sofyan untuk bergembira.

“Saya menghabiskan waktu bermain saya bersama teman-teman disekitar tempat tinggal saya dan sering pula menginap”. Katanya

Randika mengakui bahwa bermain bersama teman-teman adalah yang paling rutin ia lakukan

Kemudian ia bergegas keluar rumah untuk menghampiri masjid yang berada di tikungan.

Kedua orang tuannya berkata anak-anak mereka lebih memiliki waktu senggang daripada mereka saat masih anak-anak dulu

Kenangan masa kecil

Image“ketika saya kecil, keadaan sungguh harmonis, kehidupan yang lebih kekeluargaan, lebih disiplin, dan kami semua lebih dekat ” kisah bani.

“Saya harus pulang kerumah jam 4 sore untuk mengaji Al-Qur’an bersama ayah, dan saya tidak diijinkan keluar rumah setelah itu”

Anak-anak nya juga terlihat meniru kebiasaan ini dengan baik, tapi Bani khawatir. “saat ini berbedda” katanya. “apa jadinya perilaku anak-anak saya nanti?”.

Word : Lucy Williamson

Photo : kemal jufri

Photo Journal : family life

Translasi : sulton

http://news.bbc.co.uk/2/shared/spl/hi/picture_gallery/07/asia_pac_indonesian_family/html/5.stm

sekian translasi dari saya, silakan dikomentasi untuk memperbaiki

