Bekerja pada bermacam-macam sektor bisnis bikin ternyata ada hikmahnya

Subhanallah betapa besar nikmat yang telah Ia berikan buat gue saat ini. tapi gue yakin perjuangan gue bukan sampe sini aja. masi banyak bidang dan kemampuan yang harus gue gali lebih dalam lagi, supaya gue punya bekal pengalaman dan amal yang cukup untuk bertemu Dia nanti. gue mau ceritain beberapa core perbedaan lapangan kerja yang pernah gue singgahi sebagai tempat menempa diri. kalo bu Nana bilang, kawah candra dimuka, atau gua hantu tempat belajar si buta.

sekedar share aja selama beberapa tahun gue berpindah-pindah kerja, gue bisa menangkap inti dari apa yang gue lakuin dari beberapa perusahaan yang pernah gue masukin.
1. Industri manufaktur
pertama, Napolly (Cahaya Buana Intitama) Produk : perabot plastik
kedua, PT YKK, Produk : textile equipment & resleting
ketiga, PT Astra Otopart, Produk : sparepart motor
kesimpulan selama gue bekerja dari tiga perusahaan diatas dipandang dari sudut core tugas kerjanya, dibagi menjadi dua layer/tingkat yaitu Inventory (penyimpanan) dan Production (produksi). Inventory merupakan tahapan setelah produksi, disini dilakukan pengontrolan sirkulasi produk, apakah produk yang sudah dibuat, dapat memenuhi kebutuhan pasar (Marketing) dalam jangka waktu tertentu. hal yang paling sering dikerjakan disini adalah Distribution (Pengiriman) dan Retur (Pengembalian).
Production merupakan tahapan action dari permintaan pasar (marketing) dalam jangka waktu tertentu. makanya setiap produk berbeda-beda target produksinya, karena penjualan sebuah produk berbeda-beda juga tingkat kebutuhannya di pasar. dalam produksi, ada pekerjaan targeting, yang biasanya di kerjakan oleh Operator mesin dan quality check yang bisa kita sebut QC.
maka dalam dunia Industri yang paling utama pekerjaannya adalah mengerjakan Target (Jumlah produk yang sesuai), kualitas (mutu yang sesuai), distribusi (Kemudahan akses), retur (pertimbangan kerugian) insya Allah, Operator yang memperhatikan kesempatan dari beberapa hal ini, bisa terlihat lebih bersinar dari yang lain..

2. Pendidikan
pertama, zakia music school
kedua, IV centre inclusive education
ketiga, Madania – International Standards school
selepas dari dunia industri, di pertengahan 2009. Alhamdulillah Allah membukakan jalan buat gue, masuk ke bidang yang kaya akan tantangan ini. kalo kaya akan tantangan berarti kaya juga akan kesempatan doong.
inti dari bisnis pendidikan adalah siswa/murid yang ditentukan oleh berbagai macam variabel supaya inti dari bisnis ini menjadi berkembang baik jumlah maupun kualitasnya. tapi pekerjaan yang dilakukan didalamnya hanya dua jenis yaitu Maintain (Mengurus) dan Upgrade (Meningkatkan). hihi.. kalo digambarin mungkin lebih mirip senyawa dari unsir kimia yang mengikat ion negatif dan positif.
ada banyak entitas yang harus dikembangkan dalam bisnis pendidikan. yang paling pertama adalah Guru, syllabus, fasilitas, pertemanan/komunitas, orang tua. seperti dijelaskan pada gambar

3. Head Office (marketing & bussiness development centre)
nah yang ini gue baru sekali aja ngerasain kerja dimana tempat sebuah regulasi untuk suatu perusahaan dibuat. disini tempat mangkalnya order2 produksi yang dibawa oleh marketing, tempat di kembangkannya produk serta fasilitas penunjang produksi, termasuk karyawan dan penggajian serta strategi perusahaan. tempat kumpulnya bos-bos dan pemegang saham dah.
yaah sepengalaman gue di Darya Varia dengan produk Obat nya, perusahaan pada intinya harus melakukan 3 kegiatan, yaitu promosi (promotion), penjualan (sales) dan kegiatan pendukung keduanya (support sales&promotion) supaya terus berjalan.
mungkin ada pernyataan giniih, gue dibagian IT servis, ga ngaruh tuh koding gue sama promosi, dan gaji gue tetep aja tinggi. yah anggapan ini ga salah, tapi perlu lo tau kalo IT itu pekerjaannya memudahkan Sales dan promosi supaya lebih cepat, banyak, dan efektif. jadi support aja. makanya jangan heran kalo pendapatan manager IT sama manager Sales lebih gedean sales, karena mereka mengurus tulang punggung perusahaan. atau mau bandingin pendapatan bintang iklan yang jadi brand ambassador supaya berfungsi sebagai kegiatan promosi produk sama manager IT yang punya sertifikasi segudang..?
kalo disimpulin dalam satu kalimat, bidang ini mengerjakan pengembangan proses bisnis jadi Industry dapat beroperasi dan menghasilkan keuntungan.
makanya jangan anti pati dulu sama kerjaan marketing yaah.
mari lihat semuanya dengan kacamata yang lebih lebar lagi

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
