Budaya kerja dan organisasi rusia di Kaspersky lab – Save the World from Malware

Budaya kerja dan organisasi rusia di Kaspersky lab – Save the World from Malware

 

 

Kaspersky lab – Save the World from Malware

Bagaimana perusahaan besar dapat bertahan selama puluhan bahkan ratusan tahun menjadi pertanyaan yang terus diteliti oleh banyak pemimpin organisasi/perusahaan diseluruh dunia. Para pakar manajemen mengemukakan banyak factor utama yang menentukan sebuah perusahaan besar untuk bertahan dalam kesuksesan, dan yang menjadi factor utama adalah Budaya organisasi/Corporate culture. Hopstede (Deresky, 2000), mendefinisikan budaya organisasi sebagai keseluruhan pola pemikiran, perasaan dan tindakan dari suatu kelompok social yang membedakan dengan kelompok sosial yang lain.

Berdasarkan budaya organisasi negaranya, terdapat empat dimensi budaya, yaitu : individu-kolektif (Individualism-collectivism), jarak kekuasaan (power distance), maskulin-feminin (masculinity-feminity), penghindaran ketidakpastian (un certainty avoidance ). Budaya Rusia sangat menarik untuk dibahas. dalam budaya organisasi Rusia, dimensi Individu-kolektif terasa amat dominan. Pengaruh Komunisme masih sangat membekas hingga memasuki lini binis dan ekonomi.

Individualisme berarti kecenderungan akan kerangka sosial dalam masyarakat dimana individu dianjurkan untuk menjaga diri mereka sendiri dan keluarga dekatnya. Kolektivisme berarti kecenderungan akan kerangka sosial yang dimana individu dapat mengharapkan kerabat, suku, atau kelompok lainnya melindungi mereka sebagai suatu loyalitas mutlak. Masalah dalam dimensi ini adalah derajat kesaling-tergantungan suatu masyarakat diantara anggota-anggotanya menjadi sangat tinggi.

Begitu juga pada tampuk kekuasaan, merupakan suatu ukuran dimana anggota dari suatu masyarakat harus menerima bahwa kekuasaan dalam lembaga atau organisasi didistribusikan secara tidak merata. Hal ini mempengaruhi perilaku anggota masyarakat yang kurang berkuasa dan yang berkuasa. Orang-orang dalam masyarakat yang memiliki kekuasaan besar menerima tatanan hirarkis dimana posisi kekuasaan tidak lagi memerlukan justifikasi.

Sementara orang-orang dalam masyarakat dengan kekuasaan kecil menginginkan persamaan kekuasaan dan menuntut justifikasi atas perbedaan kekuasaan. Isu utama atas dimensi ini adalah bagaimana suatu masyarakat menangani perbedaan diantara penduduk ketika hal tersebut terjadi. Hal ini mempunyai konsekuensi jelas terhadap cara orang-orang membangun lembaga dan organisasi mereka.

Dalam kesempatan ini kami memaparkan budaya perusahaan Rusia yang kini memiliki keunggulan dalam bidang teknologi IT. Yaitu Kaspersky Lab, bagaimana Kaspersky melakukan kaderisasi dan mengelola sumberdaya manusia bagi organisasinya.

Kaspersky Lab adalah salah satu perusahaan Internet Security swasta terbesar di dunia, yang memberikan perlindungan yang komprehensif terhadap semua bentuk ancaman IT seperti virus, spyware, hacker dan spam. Perusahaan menciptakan produk pertahanan komputer sebanyak lebih dari 300 juta sistem di seluruh dunia, termasuk rumahan dan pengguna ponsel, usaha kecil dan menengah dan perusahaan besar. Teknologi Kaspersky juga digunakan dalam produk dan jasa dihampir 100 industri terkemuka seperti, jaringan, komunikasi dan aplikasi vendor solusi IT. Kaspersky Lab bermarkas di Moskwa, Rusia dengan kantor cabang regional di Jerman, Perancis, Belanda, Inggris Raya, Polandia, Romania, Swedia, Jepang, Cina, Korea dan Amerika Serikat. Dengan pendapatan    mencapai US$612 juta naik 14% dan jumlah karyawan lebih dari 2.400 ditahun 2011.

Menurut hasil survey Glassdor.com, gaji rata-rata di Kaspersky Lab adalah $ 77K. Sebanyak 7 karyawan Kaspersky Lab memberikan perusahaan rating kepuasan gaji rata-rata 3,9 dari 5.

Manajemen Kaspersky Lab

Kaspersky memiliki misi “Save the World from Malware” selamatkan dunia dari malware, dan misi ini juga yang sangat mencerminkan isi dari struktur organisasi utama dari kaspesky lab. Selain direksi yang juga merupakan ahli dibidang ilmu computer, manajemen dan security expert seperti yang disiratkan dalam uraian berikut ini

 

Jajaran Direksi Kaspersky Lab

Natalya Kaspersky
Andreas Lamm
Chairman Managing Director, Kaspersky Lab Europe
Alexey De Mont De Rique
Garry Kondakov
Non-executive Director Managing Director, Kaspersky Lab EEMEA
Eugene Kaspersky
Stephen Orenberg
Chief Executive Officer Managing Director, Kaspersky Lab Americas
Eugene Buyakin
Harry Cheung
Chief Operating Officer Managing Director, Kaspersky Lab Asia-Pacific

 

Jajaran direksi perusahaan ini diisi oleh orang-orang yang telah mengembangkan Kaspersky sejak awal berdirinya. Seperti Natalya Kaspersky adalah istri dari Eugene Kaspersky. Natalya Kaspersky lulus dari Institut Teknik Elektro Moskow pada tahun, ia bertemu Eugene di Kantor Pusat desain Ilmiah Rusia. Suaminya, Eugene Kaspersky lulus dari Institut Kriptografi, Telekomunikasi dan Ilmu Komputer. Dari tahun 1991 ke 1997 Eugene bekerja di Pusat Teknologi Informasi KAMI di mana dia mengembangkan proyek antivirus AVP dengan sekelompok asosiasi. Eugene Kaspersky mendirikan Kaspersky Lab pada tahun 1997, dan pada tahun 2007 Eugene menjadi CEO Kaspersky Lab. Lalu Alexey ia bergabung dengan Eugene Kaspersky di tahun 1991, yang mengembangkan proyek antivirus AVP di Pusat Teknologi Informasi Kaspersky.

Sementara itu jajaran COO dan managing director yang dibagi kedalam beberapa wilayah seperti eropa, amerika, afrika, timur tengah dan asia-pasifik dipercayakan kepada para professional yang berpengalaman. Seperti Eugene Buyakin, yang bergabung pada tahun 1999 sebagai direktur keuangan dan memantau periode catatan pertumbuhan dari penjualan dan operasi perusahaan. Dari tahun 2003 sampai 2008, Andreas Lamm menjabat sebagai Direktur Eksekutif kantor Kaspersky Lab untuk Jerman, Austria dan Swiss sementara Harry Cheung adalah Managing Director Beijing Glorysun Technology Co, distributor tunggal untuk Trend Micro di Cina. Garry Kondakov lulus dari Moskow State University dengan jurusan fisika, yang kemudian menyelesaikan pascasarjananya di Universitas Fakultas Matematika dan sibernetika komputer. Lalu Stephen Orenberg yang sebelum bergabung dengan Kaspersky, menjadi presiden dari perusahaan antivirus Sophos, Inc. Orenberg juga menjabat sebagai presiden di Netguard, Inc.

Jajaran Manajemen Kaspersky Lab

 

 

Eugene Kaspersky
 

Marina Alekseeva
CEO and Chairman Chief Human Resources Officer
 

 

Garry Kondakov Stephen Orenberg
Chief Sales and Marketing Officer Strategic Advisor
 

Andrey Tikhonov Alexey De-Monderik
Chief Operating Officer Corporate Advisor
 

Nikolay Grebennikov
Chief Technology Officer

 

Dilihat dari dan asal pendidikannya, jajaran manajemen Kaspersky lab, berasal dari Universitas Moscow. Sepertinya Natalia Kaspersky sangat menghargai almamaternya. Terlihat dari profil baground studi Nikita Shvetsov, Garry Kondakov, Nikolay Grebennikov dan Alexey De-Monderik adalah lulusan dari Universitas yang sama. Selebihnya berasal dari akademi militer rusia, dan professional berpengalaman.

Seperti Andrey Tikhonov yang telah bekerja di industri IT sejak tahun 1989, ketika ia memulai karirnya di sebuah lembaga penelitian dari Kementerian Pertahanan Rusia, naik ke pangkat letnan kolonel. Sementara Marina Alekseva bergabung Kaspersky Lab di 2008 sebagai Deputi Direktur SDM. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang SDM, termasuk industri TI. sebelumnya ia bekerja untuk T-Systems CIS (Deutsche Telekom AG) dan UniCredit Bank, naik dari manajer SDM untuk posisi manajerial senior. Dan Stephen Orenberg, presiden Kaspersky Lab Amerika Utara dan Advisor Strategis sejak Januari 2012. Dia telah menjadi kepala operasi Amerika Utara perusahaan sejak tahun 2005. Tanggung jawabnya meliputi penjualan perusahaan, pemasaran, pengembangan bisnis, dan fungsi layanan pelanggan di wilayah tersebut.

Dalam susunan ini terlihat bahwa beberapa orang yang berada pada jajaran direksi tetap terdaftar juga sebagai jajaran manajemen, seperti Alexey De-Monderik, Stephen Orenberg, dan tentunya Eugene Kaspersky. Dengan adanya ketiga orang ini, sangat dapat dipastikan bahwa arahan direksi akan dapat tersampaikan kepada jajaran manajemen dengan mudah.

 

Jajaran staff ahli Kaspersky Lab

Costin Raiu David Emm Ryan Naraine Stefan Tanase
Director, Global Research & Analysis Team Senior Regional Researcher, UK, Global Research & Analysis Team Head of Global Research & Analysis Team, USA Senior Security Researcher, EEMEA, Global Research & Analysis Team
Sergey Novikov Christian Funk Roel Schouwenberg Sergey Golovanov
Deputy Director, Global Research & Analysis Team Virus Analyst, Central Europe, Global Research & Analysis Senior Researcher, Americas, Global Research & Analysis Team Malware Expert, EEMEA, Global Research and Analysis Team
Vladimir Zapolyansky Nicolas Brulez Kurt Baumgartner Denis Maslennikov
Deputy Director, Global Research & Analysis Team, Head of Technology Positioning Senior Malware Researcher, France, Global Research & Analysis Team Senior Security Researcher, Americas, Global Research and Analysis Team Senior Malware Analyst, EEMEA, Global Research and Analysis Team
Aleks Gostev David Jacoby Dmitry Bestuzhev Vitaly Kamluk
Chief Security Expert, Global Research & Analysis Team Senior Security Researcher, Global Research & Analysis Team Head, Global Research and Analysis Team, Latin America Chief Malware Expert, Russian Global Research & Analysis Team
Marco Preuss Vicente Diaz Fabio Assolini Michael Molsner
Director, Europe, Global Research & Analysis Team Senior Malware Analyst, Spain, Global Research & Analysis Team Senior Security Researcher, Global Research and Analysis Team, Latin America Regional Researcher, Japan


Threat Research

Nikita Shvetsov

Vice-President, Threat Research Unit

 

Data Loss Prevention Research

Valery Boronin

Director, DLP Unit

Data, Streaming & Filtering Research

Darya Gudkova

Head of Content Analysis & Research

 

 

Anti-Malware Research

Oleg Ishanov

Director, Anti-Malware Research Unit

 

Denis Nazarov

Head of Anti-Malware Research, USA

 

Mikhail Pavlyushchik

Security Expert, Anti-Malware Research, USA

 

Oleg Zaitsev

Lead Technical Specialist, Complex Threat Analysis Group

 

 

Kaspersky memiliki sejumah tim ahli dan periset yang di kelompokan menjadi Global Riset dan analis, Threat Research, Data Loss Prevention Data, Streaming & Filtering Research, dan Anti-Malware Research. Tim ini tersebar diseluruh dunia dan merupakan tim inti dari pengembang software antivirus terbaik ini. Semuanya di pimpin oleh satu pimpinan Analis yaitu Eugene Kaspersky sendiri. Dan mayoritas dari tim ahli ini juga adalah lulusan Univesitas Moscow.

 

Values Kaspersky Lab

Keyakinan kasperky Lab dalam pengembangan dan inovasi yang terus-menerus telah menjadi bagian dari pekerjaan mereka. Yang selalu ditanamkan dalam atmosfer kekeluargaan dan tim nya yang bersahabat, dimana setiap orang selalu siap membantu. Inilah yang merefleksikan Corporate value mereka :

Fellowship Berbagi minat, pengalaman, aktifitas, dll yang sama.
Authenticity Jadilah diri sendiri, jadilah khas, dapat dipercaya, dan terbukabagi dirisendiri dan orang lain
Mastery Gunakan Kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk menjadi ahlinya
Improvisation Bebaskan diri (dan orang lain) untuk berfikir secara berbeda!
Localability Menerima cara lokal dalam melakukan bisnis di tingkat global
Intrapreneurship Bekerja dengan cara yang baru tanpa diminta.
Aiming high Menjadi orang yang merubah dunia, yang berupaya mejadikan dunia lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Keseluruhan values diatas membentuk kata FamiliA, yang merupakan bahasa latih dari Keluarga. Ini bukanlah suatu kebetulan, kekeluargaan juga merefleksikan kultur perusahaan Kaspersky Lab

Kesimpulan penulis:

  • Mayoritas Jabatan Penting di Kaspersky Lab adalah Lulusan Universitas Moscow, hal ini kembali kepada values dari perusahaan yaitu FamiliA. Yang berarti ikatan keluarga yang membentuk kultur perusahaan Kaspersky Lab, serta nilai dari budaya kerja Individual-Kolektif seperti pada bahasan di awal tulisan.
  • Visi dan arah kontrol perusahaan berada pada pejabat kunci Kaspersky Lab seperti CEO, yang memiliki posisi jabatan hampir di setiap lini organisasi. Terlihat pada Posisi Eugene Kasperky yang menempati posisi, Direksi, Manajemen dan ketua tim Ahli. Juga pada posisi Alexey De-Monderik dan Stephen Orenberg

Rekrutmen Kaspersky Lab

Dengan lebih dari 2400 orang yang bekerja di perusahaan, Kaspersky menerapkan metode umum yang digunakan untuk melakukan perekrutan/kaderisasi karyawan barunya. Berdasarkan website kasperky, terdapat 5 tahapan dalam proses rekrutmen pegawai Kaspersky seperti dibawah ini.

Proses diatas adalah proses umum yang dilakukan semua perusahaan, baik dalam proses publikasi, seleksi hingga proses akhirnya yaitu penawaran kerja. Maka terlihat bahwa Kasperky tidak memiliki metode khusus dalam merekrut karyawan baru.

Namun pada artikel The St. Petersburg Times Edisi # 1753 dituliskan oleh Olga Kalashnikova, pengalaman direktur keuangan sebuah perusahaan besar yang pindah ke Swiss dari Rusia dan menghadapi kesulitan dengan staf yang tidak siap untuk bekerja satu menit pun melebihi jam 05:00, meskipun terdapat pekerjaan yang mendesak yang harus dilakukan. “Pekerja di Rusia biasanya siap untuk tinggal larut malam tanpa menuntut kompensasi apapun. Untuk menjadi sukses, pemimpin ini harus beradaptasi dengan budaya baru atau meninggalkan perusahaan, “.”Banyak perusahaan Rusia yang sadar akan kebutuhan untuk membangun dan memanfaatkan budaya perusahaan yang dinamis sebagai cara untuk mendorong praktik terbaik dan membentuk kepentingan bersama dalam kesuksesan dan kemakmuran,” menurut Yekaterina Ovchinnik, personil direktur Intercomp Global Services, sebuah perusahaan multinasional

Di antara tren Barat yang telah diadopsi oleh budaya perusahaan Rusia perumusan misi perusahaan dan filosofi perusahaan amat diperlukan, yang juga mengungkapkan tujuan utama dari perusahaan. Pemahaman tentang pentingnya keseimbangan kerja / hidup dan keanekaragaman di tempat kerja juga menjadi lebih luas dan penting.

Kepuasan karyawan Kaspersky Lab

Kami mencoba mengumpulkan sumber kajian kepuasan karyawan Kaspersky dari website Glassdor.com yang merupakan salah satu employer & CEO review site terbaik dan paling populer saat ini. Karyawan atau mantan pekerja menilai perusahaan mereka pada skala 1-5 beserta pernyataan setidaknya satu pro dan kontra yang pernah atau tengah bekerja bagi perusahaan tersebut.
berikut adalah hasil review Glassdor terhadap Kaspersky Lab

Dari 88 responden, rata-rata menilai Kaspersky lab sebagai perusahaan dengan rating 3.7 atau di atas nilai tengah. 71% responden merekomendasikannya untuk teman mereka. Pada intinya karyawan dan bekas karyawan dari Kaspersky lab tidak memiliki pengalaman yang buruk terhadap perusahaan ini. Hal ini dapat terlihat dari komentar dibawah ini.

Saat pengujian karyawan baru, Kaspersky juga memiliki kesan yang cukup baik dimata calon pelamarnya. Dari sejumlah responden menyatakan pengalaman yang positif sebanyak 66%.

Kebanyakan dari mereka mengirimkan lamaran secara online, dan menghadapi seleksi dengan tingkat kesulitan test yang standar secara rata-rata. Seperti pada komentar dibawah ini

Karyawan Kaspersky Lab mendapatkan $ 77.500 per tahun rata-rata, atau $ 37 per jam, yang 25% lebih tinggi dari rata-rata gaji nasional sebesar $ 60.000 per tahun. Menurut data dari Careerbliss.com, pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Kaspersky Lab adalah Manager Channel Program Pemasaran yaitu sebesar $ 78.000 per tahun, atau sama dengan 936 juta dengan kurs saat ini.

Rata-rata penghasilan karyawan selama 4 tahun terakhir juga menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari sisi keuntungan perusahaan. Hingga berani menaikkan gaji karyawan yang baru saja pulih dari krisis di 2008.

Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: